Imam Abdullah bin Abubakar Alaydrus Al-Akbar

Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Abubakar Alaydrus Al-Akbar dilahirkan di kota Tarim pada tanggal 10 Dzulhijjah 811 H/1391 M. julukannya Abu Muhammad dan gelarnya Alaydrus, yang artinya “Ketua kalangan Tasawuf”. Beliau adalah Imam para wali dan orang-orang shaleh pada masanya.

Habib Abdullah belajar Al-Qur’an pada seorang guru besar yaitu Syekh Muhammad bin Umar Ba’alawi. Sedangkan ilmu fiqh dipelajarinya dari guru-guru ahli fiqh, antara lain Syekh Sa’ad bin Ubaidillah bin Abu Ubaid, Syekh Abdullah Bahrawah, Syekh Abdullah Bagasyin, Syekh Abdullah bin Muhammad bin Amar, dan masih banyak lagi. Kitab Tanbih dan Minhaj adalah dua diantara kitab-kitab yang beliau pelajari dan dalami. Beliau sangat senang membaca kedua kitab tersebut dan memang beliau orang yang sangat gemar membaca.

Kepada gurunya, Al-Imam Asy-syekh Umar Muhdhar, habib mempelajari ilmu tasawuf dan membekali dirinya sebagai seorang sufi. Beliau hamper hafal kitab-kitab karangan Imam Ghazali, terutama kitab Ihya ‘Ulumuddin, yang telah pindah ke batinnya. Dan ia banyak memuji pengarangnya.

Habib Abdullah Alaydrus mempunyai kata-kata hikmah yang sangat tinggi nilainya mengenai tauhid. Diantaranya “Bagi saya, sama saja pujian dan makian, lapar atau kenyang, pakaian mewah atau pakaina rendah, lima ratus dinar atau dua dinar. Sejak kecil, hati saya tidak pernah condong kepada selain Allah SWT. Dan bagaimana bisa tenang apabila badan saya berbalik ke kanan saya melihat surga, dan apabila berbalik ke kiri saya melihat neraka”. Beliau sangat takut kepada Allah SWT dan sangat tawadhu, merendahkan hati.

Demikian habib memerangi hawa nafsu keduniawian sejak usia enam tahun. Selama dua tahun beliau pernah berpuasa yang buka puasanya tidak lebih dari dua butir kurma, kecuali dimalam-malam tertentu saat ibunya membawa sedikit makanan untuknya. Beliau memakannya semata-mata untuk menyenangkan hati ibunya.

Gurunya Habib Syekh Umar Muhdhar berkata ”Aku mengawinkan putriku, Aisyah, dengan keponakanku, Habib Abdullah Alaydrus Al-Akbar, disebabkan aku mendapat isyarat dari sesepuhku (pendahuluku)”. Sedangkan Habib Muhammad bin Hassan Al-Mu’allim Ba’alawi mengatakan, Al-Habib Abdullah Alaydrus Al-Akbar mendapatkan sesuatu (maqam) yang tidak didapati oleh orang lain, baik sebelum maupun sesudahnya”.

Syekh Abdurrahman Al-Khatib, pengarang kitab Al-Jauhar, tidak menyebutkan seorangpun dalam kitabnya dari yang hidup kecuali Al-Habib Al-Imam Alaydrus Al-Akbar.

Beberapa pengarang kitab yang bermutu memuji dan meriwayatkan beliau. Diantaranya, Al-Ya’I, juga murid beliau, Al-Imam Al-Habib Umar bin Abdurrahman Ba’alawi dalam kitabnya Al-Hamrah, dan Syekh Abdillah bin Abdurrahman Bawazier dalam kitab Al-Tuhfah.

Ibu beliau bernama Maryam, putrid seorang zuhud dan shaleh, Syekh Ahmad bin Muhammad Barusyaid. Mengenai mertuanya ini, Al-Habib Muhammad bin Hassan Al-Muallim mengatakan, “Bila engkau ingin melihat ahli surga, lihatlah Muhammad Barusyaid”. (Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Habib Muhamad bin Ali Maula Aidied).

Sewaktu Al-Habib Al-Imam Abdurrahman bin Muhammad As-Seggaf wafat, usia Al-Habib Abdullah Alaydrus Al-Akbar 8,5 tahun. Dan pada waktu ayahnya wafat beliau berusia 11 tahun. Sepeninggal ayahnya, Habib Abdullah Alaydrus tinggal dan dididik oleh pamannya, Syekh Al-Habib Umar Muhdhar bin Abdurrahman As-Seggaf, yang kemudian menikahkannya dengan putrinya, Aisyah. Ketika Al-Habib Umar Muhdhar wafat, usia Al-Habib Abdulah Alaydrus kurang lebih 23 tahun.

Al-Habib Al-Imam Abdullah bin Abubakar Alaydrus Al-Akbar wafat dalam usia 54 tahun pada hari ahad sebelum waktu dzuhur tanggal 12 Ramadhan 865 H / 1445 M. Dalam perjalanan dakwahnya ke kota Syihr, tepatnya di daerah Abul, dan dimakamkan di kota Tarim. Diatas pusaranya dibangun kubah, beliau meninggalkan 8 anak, empat putra dan empat putrid. Anak-anaknya yang putra adalah Abubakar Al-‘Adni, Alwi, Syekh, dan Husain, sedangkan yang putrid adalah Rogayah, Khadijah, Ummu Kultsum, dan Bahiya.

Diposting oleh MU-MHU HADDAD

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum